Pemandian Umbul Brintik Klaten

Umbul Brintik terdapat di Kabupaten Klaten tepatnya di Malangjiwan, Kebonarum, Klaten. Awalnya saya memperoleh informasi dari internet tentang keberadaan umbul tersebut. Karena penasaran akhirnya pada hari minggu kemarin saya bertekad untuk mencarinya. Dengan naik sepeda motor aku berangkat dari Magelang sekitar pukul 9 pagi. Rute yang saya lalui adalah dari magelang menuju jogja, sesudah jembatan Tempel belok kiri lewat jalan alternatif yang melewati Pakem. Karena letaknya berada di sebelah utara jalan Jogja – Klaten maka saya memilih rute blusukan lewat Manisrenggo dari pada lewat Prambanan yang melalui jalan utama Jogja – Klaten. Untuk mencari Umbul Brintik cukup bermodalkan Google Maps saja sudah cukup tanpa tanya sana sini.

Di Umbul Brintik terpadat dua kolam. Di bagian depan terdapat kolam utama yang dikelilingi tembok. Kolam yang satu ini sudah ada sejak dahulu dan cukup dalam. Di bagian belakang yang letaknya agak rendah terdapat kolam anak-anak yang baru saja selesai dibangun. Kolam anak-anak tersebut cukup teduh bagian tepinya sehingga enak dipakai buat instirahat disiang hari sambil melihat anak-anak yang sedang bermain.

umbul brintik
foto Kolam Utama dilihat di Google Maps

Pada saat saya kesana tepat pada hari minggu sekitar pukul 12 siang. Kondisi pengunjung cukup ramai tapi masih tidak terlalu penuh.Setelah selesai parkir motor saya yang langsung ke bawah menuju kolam anak-anak. Berikut adalah foto kolam anak-anak jika dilihat dari sini barat.

kolam anak-anak umbul brintik
kolam anak-anak umbul brintik dilihat dari sisi barat

Baru sampai saya langsung disuguhi pemandangan seperti ini. Ada adik cewek yang bermain-main air tanpa pakai baju juga celana. Awalnya saya mau ikutan nyemplung tapi nggak jadi karena tidak bawa celana ganti. Mau ikutan kayak si adik tapi takut nanti kena RUU APP.

anak telanjang di umbul brintik
anak telanjang di umbul brintik
anak telanjang di umbul brintik
di sebelah atas ada warung-warung juga

Update :

(20 mei 2017) pagar pembatas yang mengelilingi kolam anak-anak telah selesai dibangun, pengunjung semakin ramai tidak hanya sepeda motor dan mobil pribadi tetapi ada juga rombongan yang membawa bus kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *