Umbul Langse desa Nepen

Kabupaten Boyolali sebelah selatan ternyata terdapat banyak sumber mata air alami. Pada kesempatan ini saya mampir di Umbul Langse sebelum melanjutkan perjalanan ke Pengging. Entah apa namanya yang benar, ternyata di google maps saya tidak menemukan Umbul Lengse. Yang ada justru Umbul Lebak yang lokasinya berada tepat di sebelah timur pasar Lebak. Berbeda dengan umbul-umbul yang lain yang biasanya berada di tempat yang susah dicari, Umbul Langsa justru berada di lokasi yang sangat mudah ditemukan. Jika dari arah Jatinom ke Pengging, persis sebelah timur pasar Lebak ada gang masuk ke Selatan sebelah masjid dan Umbul Langse berada hanya masuk beberapa puluh meter dari jalan utama.
Pada hari minggu pengunjung lumayan ramai. Di tempat parkir ada dua mobil kecil, beberapa sepeda motor dan juga sepeda. Mobil dan motor semuanya berplat AD kecuali punya saya yang K sendiri. Sepeda mungkin punya anak sekitar, terlihat baju, celana juga sandlnya ditinggal begitu saja di situ. Tiket masuk dan parkir ternyata gratis atau mungkin juga waktu itu tukang parkirnya baru makan.

 

tempat parkir umbul langse
tempat parkir tepat berada di sebelah kolam utama hanya dibatasi pagar besi

 

Sebelah utara kolam utama ada beberapa penjual makanan dan juga ada yang menyewakan ban. Sebelah barat ada kolam lanjutan yang dipakai warga sekitar buat mencuci. Kolam utama kelihatannya terbagi dua mungkin cuma beda kedalaman saja. Di sini saya tidak menemukan adanya kamar ganti, mungkin tidak terlalu dibutuhkan karena kebanyakan yang main air disini adalah anak-anak.

 

umbul langse
umbul langse dilihat dari sebelah barat

 

umbul langse
umbul langse dilihat dari sebelah timur

Catatan :
Dari informasi berbagai sumber ternyata Umbul Langse pernah kering selama sekitar enam tahun, tetapi kemudian airnya melimpah kembali sampai sekarang.

Referensi :

  1. http://www.solopos.com/2011/09/23/air-umbul-langse-melimpah-warga-gelar-tasyakuran-117003
  2. http://www.edisicetak.joglosemar.co/berita/setelah-mati-suri-enam-tahun-umbul-langse-berlimpah-air-55030.html

 

sumber : http://mainsamabocah.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *